Kutbah Jum'at masjid Al Kautsar - 19/11/2010

Kutbah Jum’at Masjid Al Kautsar 19/11/2010

Dalam surat Al Anfal ayat 29. Allah berfirman :  "Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, kami akan memberikan kepadamu Furqaan[607]. dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. dan Allah mempunyai karunia yang besar.

[607]  artinya: petunjuk yang dapat membedakan antara yang Haq dan yang batil, dapat juga diartikan disini sebagai pertolongan.

Manusia jika ingin selamat dunia dan akhirat maka haruslah beriman dan bertaqwa. Artinya haruslah dilandasi iman dan bertaqwa. Dantara ciri orang yang bertaqwa adalah :
  1. Hendaklah bisa menjaga lisan dan perbuatan dari murka Allah.
  2. Hendaklah bisa menjaga lisan dan perbuatan dari kemarahan orang lain.
  3. Hendaklah bisa menjaga lisan dan perbuatan dari kesalahan/kerugian bagi diri sendiri.
Bahwa Jum;at kali ini betepatan dengan hari tasrek yang ke tiga di Arab Saudi, atau di Mekah  dimana jamaah haji seharusnya sudah selesai melemparjum’ah yang terakhir. Selebihnya sebagai umat Rasullah SAW hendaklah berittiba’ mengikuti sunnah-sunnah-beliau tanpa ditambah-tambahi dan atau dikurang-kurangi. Dalam hal menjalankan setiap peribadahan dan apalagi ritual ibadah mahdoh yang sudah pasti tidak perlu menambah-nambahi, karena akan berujung pada bid’ah. Sedangkan bid’ah pasti tertolak dan sesat, sedang kesesatan tempatnya di neraka, maka jangan sekali-kali menambah-nambahi dalam hal beribadah, tanpa dilandasi dengan dalil-dalil yang kuat dan sahih.

Dan selebihnya, kantuk saya ternyata lebih kuat, sehingga banyak yang terlewat, karena saya tidak bisa mendengar dengan baik oleh karena rasa kantuk yang teramat sangat, ampunilah hambaMu ini ya Allah. Hanya ini yang admin dapat dari khutbah Jum’at kali ini. Semoga bermanfaat.

Comments